5 Inspirasi Olahan Muffin Asin untuk Sarapan, Banyak Sayurnya! (2024)

Follow IDN Times untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Muffin identik dengan bahan-bahan manis seperti chocolate chips atau buah-buahan. Namun, dalam beberapa kesempatan muffin juga bisa diolah menjadi makanan asin untuk teman sarapan atau menu bekal.

Bahkan, kudapan ini juga tidak segan berkolaborasi bersama sayur-mayur untuk menciptakan rasa hidangan yang jadi lebih refreshing namun tetap lezat. Untuk mengurangi rasa penasaran akan olahan tersebut, rasa-rasa unik dari muffin asin di bawah ini bisa menjadi pilihan untuk dibuat sendiri di rumah.

1.Spinach and cheese muffin

5 Inspirasi Olahan Muffin Asin untuk Sarapan, Banyak Sayurnya! (1)ilustrasi spinach and cheese muffin (freepik.com/wirestock)

Spinach and cheese muffin adalah makanan dengan perpaduan rasa asin yang kerap dijumpai dalam olahan muffin. Hidangan ini menjadi salah satu referensi sarapan sampai bekal bagi orang-orang yang kurang menyukai manis namun ingin sesuatu yang mirip dengan roti.

Olahan satu ini memiliki rasa gurih dengan sensasi sayur yang membuatnya lebih legit. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan spinach and cheese muffin ini adalah bayam segar, parutan keju cheddar, mentega atau minyak, susu, telur, tepung, dan bisa juga ditambahkan kaldu dan penyedap rasa untuk meningkatkan asin dari santapan tersebut.

2.Zucchini muffin

5 Inspirasi Olahan Muffin Asin untuk Sarapan, Banyak Sayurnya! (2)muffin zucchini (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Zucchini merupakan sayur-mayur yang memiliki bentuk menyerupai mentimun. Bahan ini seringkali digunakan untuk masakan Asia dan beberapa hidangan Barat lainnya agar lebih refreshing. Sensasi zucchini sendiri cenderung manis dan ringan, namun coco*k dikombinasikan ke dalam olahan muffin sebagai savoury food atau makanan asin.

Umumnya zucchini muffin bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu muffin manis atau asin—tergantung bahan tambahan yang kamu pakai. Tapi karena ini adalah muffin asin atau savoury muffin, maka kamu bisa memarut zucchinikemudian dicampur bersama keju pilihan, tepung terigu, pengembang, dan penyedap rasa untuk menghasilkan rasa yang lebih balance namun ada sensasi gurih memikat yang membuatnya menggugah selera.

3.Ham and cheese muffin

5 Inspirasi Olahan Muffin Asin untuk Sarapan, Banyak Sayurnya! (3)ham and cheese muffin (pexels.com/Fabiano Pimentel)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Resep Soto Banjar Kuah Bening, Segarnya Bikin Nagih
  • 5 Tips Membuat Paella yang Lezat, Terasa Penuh Rempah!
  • Resep Scotcharoos, Camilan Manis yang Cuma Butuh 6 Bahan

Ham and cheese muffin merupakan salah satu olahan muffin klasik bercita rasa asin. Perpaduan antara irisan daging dengan keju bisa menghasilkan muffin yang lebih nikmat. Coco*k sekali untuk teman sarapan maupun olahan bekal yang disantap bersama saus sambal biar lebih yummy.

Di samping itu, proses pembuatan ham and cheese muffin ini tidak jauh berbeda dengan muffin lainnya. Kamu bisa menumis irisan daging terlebih dahulu sebelum dicampur ke dalam adonan utama yang berisikan mentega cair, susu, tepung, pengembang, sedikit gula, garam, serta daun bawang jika ingin memberikan rasa gurih dan aroma menggugah selera.

4.Veggie muffin

5 Inspirasi Olahan Muffin Asin untuk Sarapan, Banyak Sayurnya! (4)ilustrasi veggie muffin (freepik.com/freepik)

Olahan veggie muffin atau muffin sayuran bisa menjadi inspirasi sajian menarik di rumah, terutama jika orang-orang kurang minat terhadap sayuran. Sebab sebagian besar isian yang dimasukkan ke dalam muffin asin ini berasal dari sayur-mayur, sehingga santapan tersebut jadi kaya tekstur namun tetap menggugah selera.

Jenis sayuran yang digunakan untuk veggie muffin bisa disesuaikan berdasarkan preferensi atau ketersediaan bahan yang ada di rumah. Bahkan kamu dapat menggunakan lebih dari satu jenis sayuran seperti zucchini, wortel, bayam,rempah-rempah segar, bahkan jagung sekalipun.

Nantinya bahan-bahan tersebut akan dicampur bersama adonan muffin yang terdiri dari tepung, telur, pengembang, keju bila diperlukan, mentega, sampai susu cair. Dengan demikian, kamu bisa memperoleh hidangan yang nikmat untuk sarapan.

5.Chicken muffin

5 Inspirasi Olahan Muffin Asin untuk Sarapan, Banyak Sayurnya! (5)ilustrasi chicken muffin (unsplash.com/Yehor Milohrodskyi)

Bicara soal hidangan asin, maka belum lengkap rasanya kalau tidak menyertakan hidangan daging sebagai salah satu pelengkap makanan. Oleh karenanya, kali ini ada chicken muffin atau muffin daging ayam yang bisa menjadi referensi tambahan untuk menciptakan resep muffin asin. Bahan yang digunakan bisa berupa daging ayam panggang atau rebus, kemudian disuwir atau dipotong kecil-kecil.

Setelah itu, kamu bisa memadukannya bersama keju ataupun tambahan sayur-mayur untuk memberikan dimensi rasa yang lebih kaya. Sedangkan adonan muffinnya sendiri bisa kamu sesuaikan mulai dari tepung terigu, pengembang, telur, penyedap rasa, susu, sampai buttermilk atau sour cream. Nantinya bahan-bahan tersebut bisa dicampur menjadi satu, kemudian panggang di suhu tertentu untuk menciptakan muffin yang lembut dan lezat.

Muffin asin menjadi salah satu ide menciptakan hidangan sarapan atau menu bekal yang mengugah selera. Bahan-bahan yang disertakan pun sangat menarik, mulai dari sayur-mayur sampai daging sekalipun. Olahan tersebut bisa kamu kreasikan sesuka hati untuk membuat makanan sehari-hari jadi lebih berwarna.

Baca Juga: 6 Menu Sarapan Khas Negara-Negara di Asia Tenggara, Pernah Coba?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

5 Inspirasi Olahan Muffin Asin untuk Sarapan, Banyak Sayurnya! (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Horacio Brakus JD

Last Updated:

Views: 6244

Rating: 4 / 5 (51 voted)

Reviews: 82% of readers found this page helpful

Author information

Name: Horacio Brakus JD

Birthday: 1999-08-21

Address: Apt. 524 43384 Minnie Prairie, South Edda, MA 62804

Phone: +5931039998219

Job: Sales Strategist

Hobby: Sculling, Kitesurfing, Orienteering, Painting, Computer programming, Creative writing, Scuba diving

Introduction: My name is Horacio Brakus JD, I am a lively, splendid, jolly, vivacious, vast, cheerful, agreeable person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.